Skema rangkaian alat bantu dengar untuk menambah kepekaan telinga

Memiliki skema alat dengar untuk orang tuli rasanya perlu dipahami lebih lanjut mengingat rangkaian alat bantu dengar ini kerap dibutuhkan untuk menolong orang yang mempunyai masalah pendengaran dan gangguan telinga. Namun tidak mudah untuk menemukan skema alat menambah pendengaran telinga ini karena terlalu rumit untuk dipahami, dan paling sering yang dijumpai adalah perangkat siap pakai yang dijual di pasaran.

Menggunakan alat bantu dengar memang terkesan agak aneh, kita mungkin berpikiran bahwa perangkat ini dikhususkan bagi orang yang memiliki masalah pada pendengaran, kurang peka pada organ telinga dan untuk orang yang berkebutuhan khusus.

Namun faktanya, alat dengar sederhana dapat memberikan banyak manfaat bagi kita, misalnya untuk kegunaan sehari-hari yang memerlukan kepekaan tinggi dan akurasi suara yang jelas. Apalagi dalam suasana yang bising tentu kita tidak dapat fokus pada pendengaran karena terganggu oleh suara-suara luar yang tidak dikehendaki.

Fungsi

Dengan adanya alat bantu dengar, maka Anda akan dapat lebih fokus, tidak terpengaruh pada suara luar yang mungkin akan mengganggu, mendengarkan musik atau menonton movie lebih nyaman, dan untuk keperluan tertentu yang mengharuskan kecermatan dalam mendengarkan suara.

Beberapa fungsi alat bantu dengar antara lain:

  1. Membantu pendengaran bagi orang yang memiliki masalah telinga
  2. Menambah jelas suara yang tercampur noise
  3. Untuk keperluan rapat, prensentasi, atau acara tertentu agar tidak terganggu suara luar
  4. Untuk menonton movie
  5. Untuk memonton tv, mendengarkan musik dengan volume rendah sehingga tidak mengganggu orang lain

Skema

Berikut ini adalah salah satu contoh skema alat dengar sederhana yang dapat dipahami bahkan dapat dibuat sendiri dirumah, dengan menggunakan komponen-komponen umum yang mudah dijumpai di pasaran.

Kita memiliki peluang untuk membuat sendiri rangkaian alat bantu dengar dengan bentuk dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan.

Daftar komponen dari rangkaian diatas:

P1 : 22K Log. Potentiometer
R1,R9 : 10K
R2 : 1M
R3 : 4K7
R4,R7 : 100K
R5 : 3K9
R6 : 1K5
R8 : 100R
C1,C2 : 100nF
C3,C6 : 1µF/63V
C4 : 10µF/25V
C5 : 470µF/25V
D1 : 1N4148
Q1,Q2,Q3 : BC547
Q4 : BC337
MIC1 : electret microphone
SW1 : SPST Switch
J1 : Stereo 3mm. Jack socket
B1 : 1.5V Battery (AA atau AAA)

Dari daftar komponen dan skema alat bantu dengar diatas tentu kita dapat memahami bahwa memang tidak banyak hal yang dapat dilihat mengenai perangkat tersebut, kalau ingin membuatnya sendiri tentu kita memerlukan banyak pertimbangan.

Akan efisiensi bentuk, ukuran, dan hal lain yang menyangkut kenyamanan sangatlah penting. Sehingga perangkat yang dibuat benar-benar dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan terlebih lagi memberikan manfaat sesuai apa yang ingin kita capai.

Untuk mencapai tujuan tersebut tentu tidak mudah, sehingga diperlukan banyak pertimbangan sebelum memutuskan untuk membuat sendiri alat bantu dengar untuk telinga sakit dan sebagainya. Kecuali kalau Anda hobi dalam hal DIY tentu tidak masalah, karena menambah wawasan dari pembuatan perangkat yang kita rencanakan dengan matang akan lebih baik.

Leave a comment